PANDUAN YORECO

LOMBA KARYA PENELITIAN TINGKAT NASIONAL TINGKAT SISWA DAN MAHASISWA Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM ) FAIR 2012 Universitas Negeri Padang 


TEMA: “Indonesia Bisa menuju MDG’s 2015” Dengan Bidang : 
1. Pendidikan
2. Ekonomi 
3. Lingkungan 
4. Kesehatan 

SYARAT PESERTA LOMBA 

1.Peserta terdaftar sebagai mahasiswa (D3/S1) yang aktif di Perguruan Tinggi t, Indonesia. 
2.Peserta dapat berupa perseorangan atau tim yang terdiri dari maksimal 3 orang. 
3.Untuk peserta yang berupa tim dari kategori mahasiswa, anggota kelompok dapat berasal dari program studi yang berbeda dalam perguruan tinggi yang sama. 
4.Setiap peserta maksimal mengirimkan satu karya tulis terbaiknya. 
5.Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran serta mengirimkan uang pendaftaran sebesar:* Rp. 85.000,- /tim/individu untuk kategori mahasiswa 
6.Naskah dikirim melalui email (ppipmfair2012@rocketmail.com) format nama file sebagai berikut Nama ketua tim _ asal universitas_ judul karya tulis untuk Softcopy dengan format Microsoft Word (doc) dan Adobe Acrobat Reader (pdf). Sedangkan untuk Hardcopy Hardcopy dikirim rangkap tiga (1 asli, 3 fotokopi) dengan tulisan YORECO PPIPM FAIR 2012-Nama PT/SMA-Nama Ketua-Judul karya tulis.dikirim ke : Panitia Pelaksan PPIPM FAIR 2012 Pusat Pengembangan Ilmiah dan penelitian Mahasiswa (PPIPM) (The Center Of Research and Scientific Development For Student Fair 2012) Universitas Negeri Padang Gedung PKM Universitas Negeri Padang (UNP) G.49 25131 (Penyerahan/pengiriman hardcopy Penelitian peserta paling lambat diterima pada tanggal 25 Oktober 2012 menyertakan dokumen lainnya dan bukti pembayaran, dikirimkan ke alamat panitia) Foto dan gambar kalau perlu disimpan dalam direktori terpisah (sebagai cadangan) dalam CD. Format gambar yang disarankan adalah JPG, untuk foto bisa berasal dari kamera digital atau hasil digitasi menggunakan scanner. 

7.Karya tulis dikirim dengan menyertakan dokumen-dokumen dibawah ini:
   a.Formulir pendaftaran
   b.Fotokopi kartu tanda mahasiswa/ kartu tanda pelajar
   c.Surat pernyataan orisinalitas
   d.Foto berwarna terbaru ukuran 3×4 (1 lembar)
   e.Fotokopi bukti pembayaran pendaftaran (rangkap 2)
   f.Surat keterangan aktif kuliah dari PT 
8.Karya tulis dikirim dengan menggunakan amplop cokelat dengan menyertakan tulisan “PPIPM FAIR 2012” di ujung kanan amplop. 

 TATA TULIS YORECO PPIPM FAIR 2012 

A.Sistematika Penulisan 

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut: 

JUDUL 
Judul tulisan hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas 

NAMA PENULIS 
Nama-nama penulis dituliskan tepat dibawah judul, disertai dengan alamat institusi penulis, serta catatan kaki untuk penulis korespondensi.` 

ABSTRAK 
Abstrak berisi tidak lebih dari 250 kata dan merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi: latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (key words). Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggeris. 

PENDAHULUAN 
Pendahuluan merupakan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat. Latar belakang, rumusan, tujuan dari kegiatan (penelitian, pengabdian, atau yang lainnya) serta manfaat untuk waktu yang akan datang ditunjukkan dalam pendahuluan. Dengan merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini untuk menerangkan kemutakhiran substansi pekerjaan 

METODE 
Judul dari bab ini untuk kegiatan penelitian dapat diganti dengan Metode Penelitian atau Bahan dan Metode, namun dapat diberi judul lain bergantung pada kegiatan dan metodologi yang telah dilakukan sehingga penulis diberi kebebasan untuk memberi judul lain seperti Pendekatan Teoritik atau Konsideran Percobaan. Secara umum, metode berisi tentang bagaimana observasi dilakukan termasuk waktu, lama, dan tempat dilakukannya observasi, bahan dan alat yang digunakan, metode untuk memperoleh data/informasi, serta cara pengolahan data dan analisis yang dilakukan. Metode harus dijelaskan secara lengkap agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang. Acuan (referensi) diberikan pada metode yang kurang dikenal. 

HASIL DAN PEMBAHASAN 
Bagian ini menjelaskan tentang apa saja yang diperoleh dari observasi. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan gambar. Tidak ada spekulasi dan interpretasi dalam bagian ini, yang ada hanya fakta. Umumnya berisi uraian dan analisis berkaitan dengan temuan-temuan dari observasi yang telah dilakukan, terutama dalam konteks yang berhubungan dengan apa yang pernah dilakukan oleh orang lain. Interpretasi dan ketajaman analisis dari penulis terhadap hasil yang diperoleh dikemukakan di sini, termasuk pembahasan tentang pertanyaan2 yang timbul dari hasil observasi serta dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi penelitian mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan, perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian terdahulu) perlu mendapatkan catatan disini. 

KESIMPULAN 
Kesimpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum kesimpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan. 

UCAPAN TERIMAKASIH 
Apabila memang ada pihak yang telah membantu dalam kegiatan yang dilakukan, maka ucapan terima kasih dapat disampaikan di sini. 

DAFTAR PUSTAKA 
Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telahdirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka Yoreco, penulisan pustaka mengikuti cara Vancouver. 

LAMPIRAN-LAMPIRAN (jika diperlukan). 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP 
Peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih, serta jika perlu dilampiri dengan pas foto warna terbaru ukuran 3×4 di pojok kanan atas halaman.

B.Persyaratan Penulisan 
1.Naskah inti ditulis maksimal 15 halaman. apabila terdapat jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka hal tersebut dapat mengurangi penilaian (tidak termasuk cover, lembar pengesahan, ringkasan, daftar gambar, daftar isi, serta tabel dan lampiran lampiran) 
2.Yoreco di jilid menggunakan kertas Buffalo biru 
3.Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb. 

C.Pengetikan 
1.Tata Letak 
   a.Karya tulis diketik 1 (satu) spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style).  
   b.Batas pengetikan: 
       1)Samping kiri 4 cm. 
       2)Samping kanan 3 cm. 
       3)Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm. 
   c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-Bab, dan perinciannya: 
       1)Jarak pengetikan antara Bab dan sub-bab adalah 3 spasi, Sub-Bab dan kalimat
          dibawahnya 2 spasi. 
       2)Judul Bab diketik ditengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi
          atas tanpa digaris-bawahi. 
       3)Judul Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis
          dengan huruf besar (huruf kapital). 
      4)Judul anak Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) kali pukulan
          yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar
          (huruf kapital).
     5)Jika masih ada Sub-Judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3)
         di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2.Pengetikan Kalimat Alinea baru diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok kedalam semuanya dan tanpa diberi tanda petik.
3.Penomoran Halaman
a.Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi memakai angka Romawi Kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
b.Bagian tubuh/pokok karya tulis sampai dengan bagian penutup memakai angka Arab dan diketik sebelah kanan bawah (1, 2, 3, dan seterusnya).
c. Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan. 

PENGUMUMAN PEMENANG 
1.10 karya terbaik YORECO Nasional PPIPM FAIR 2012 yang diundang untuk mempresentasikan karyanya di Grand Final YORECO Nasional PPIPM FAIR 2012 tanggal 16 November 2012dihadapan dewan juri dan akan dihubungi oleh panitia dan bisa diumumkan pada tanggal 6 November lewat blog. 
2.Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang akan diadakan pada tanggal 18 November 2012 setelah acara Seminar Nasional oleh PPIPM FAIR 2012. 
3.Hadiah bagi para pemenang adalah sebagai berikut Tingkat SMA/ sederajat Tingkat Universitas a.Juara I : Plakat+ uang tunai + piagam penghargaan+hadiah lainnya b.Juara II : Plakat+ uang tunai + piagam penghargaan+hadiah lainnya c.Juara III : Plakat+ uang tunai + piagam penghargaan+hadiah lainnya
Nb: untut hasil penelitian bidang pendidikan akan diterbitkan dalam jurnal pakar pendidikan Pusat  pengembangan Ilmiah dan Penelitia Mahasiswa (PPIPM) Universitas Negeri Padang jilid 11. 
4. Finalis YORECO tingkat nasional PPIPM FAIR 2012 berhak mengikuti rangkaian acara seminar nasional yang diadakan oleh Pusat Penegembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiwa (PPIPM) Universitas Negeri Padang. 

TATA TERTIB PESERTA FINALIS YORECO 2012 
1.Peserta Finalis YORECO menggunakan pakaian rapi, jas almamater bagi mahasiswa, dan sepatu. 
2.Pembagian ID dan nomor finalis akan ditentukan dengan undian pada saat hari H presentasi 
3.Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan 3 (tiga) Dewan Juri. 
4.Tiap peserta Finalis memperoleh waktu 30 menit dengan alokasi:
   a.Persiapan Presentasimaksimum 5 menit
   b.Presentasi Karya Tulis maksimum 15 menit
   c.Tanya-jawab dengan Dewan Jurimaksimum 15 menit 
5.Peserta diharapkan hadir di ruang lomba 15 menit sebelum perlombaan dimulai. 
6.Jika dalam waktu 5 menit peserta yang dipanggil tidak tampil ke depan, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur. 
7.Peserta diperkenankan untuk membawa alat peraga gambar dan sejenisnya yang membantu saat presentasi 
8.Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

JADWAL KEGIATAN YORECO PPIPM FAIR 2012 

No                    KEGIATAN                                                              WAKTU 
1 .   Sosialisasi dan Pemberitahuan Program                        AGUSTUS-SEPTEMBER 
2.    Pendaftaran YORECO                                               10 AGUSTUS- 20 OKTOBER 
3.    Batas penyerahan akhir karya tulis                               25 OKTOBER 
4.    Tahap Seleksi Administratif                                         26 OKTOBER 
5.    Tahap Penilaian                                                           27- 5 NOVEMBER 
6.    Pengumuman Penilaian Karya Tulis dan Finalis             6 NOVEMBER 
7.    Presentasi Finalis                                                        16 NOVEMBER 
8 .   Jalan-jalan wisata Sumatera Barat                               17 NOVEMBER 
9 .   Seminar Nasional dan Pengumuman Nasional              18 NOVEMBER 

Download Files here:

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    ok tuh brow...

Posting Komentar

 
PPIPM FAIR © 2012. All rights reserved